Jusuf Kalla Sebut 2 Kriteria Utama Cawapres Jokowi di Pilpres 2019…

Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menyebut partainya akan mengundang para ketua umum partai politik pendukung Jokowi pada pertemuan pembahasan cawapres Jokowi.

Meskipun bukan ketua umum partai, termasuk yang akan diajak adalah Jusuf Kalla atau JK.

Menanggapi hal tersebut, Jusuf Kalla yang saat menjabat wakil presiden RI menyarankan agar publik bersabar untuk mengetahui nama calon wakil presiden (Cawapres) yang layak untuk mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019.

“Tentu sudah banyak calon-calon yang dibicarakan dan didiskusikan, ya kita tunggu saja waktunya,” kata Kalla di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018).

Kalla berujar, sosok Cawapres pendamping Jokowi haruslah memiliki dua kriteria utama.

Pertama yang mampu menambah elektabilitas Jokowi.

Kedua memiliki kualitas yang setara dengan Jokowi.

“Harus setara dengan presiden. Karena kalau terjadi apa-apa dia (wapres) menggantikan presiden,” ucapnya.

Kalla menyebut sosok BJ Habibie dan Megawati Soekarnoputri merupakan contoh wakil presiden yang didapuk menjadi presiden pada waktu selanjutnya.

‎”Jadi harus punya kualitas seperti itu, harus sama (dengan) presiden, tak boleh asal pilih. Karena dia bisa menjadi presiden juga, seperti Ibu Mega dan Pak Habibie,” jelas Kalla.

‎Sebelumnya, Jusuf Kalla menegaskan tidak akan mencalonkan diri kembali di 2019 dan memberikan kesempatan pada calon-calon yang layak mendampingi mantan Wali kota Solo itu.

Leave a Reply